Laman

Senin, 02 Juli 2012

Pembangunan TPI Alasdowo Mangkrak

Kresnapati - PATI - Aktivitas tempat pelelangan ikan (TPI) di kawasan pesisir utara Pati tidak semua berjalan lancar. Bahkan, sebagian TPI sepi aktivitas karena mangkrak. Itu seperti yang terlihat di TPI Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti.Selain di Alasdowo, TPI yang tidak jauh dari tempat tersebut juga berkondisi sama. TPI di Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu juga tidak ada aktivitas lelang dalam beberapa tahun terakhir.
Ketua Kelompok Nelayan Karya Mina Desa Alasdowo Samian mengemukakan, tidak mengetahui pasti penyebab "matinya" TPI di daerah itu. Padahal, keberadaan tempat tersebut membantu nelayan.
Karena tidak ada fasilitas melelang hasil melaut yang melayani nelayan, mereka biasa menjual ikan atau hasil tangkapan lain ke pedagang secara langsung. Itu menyebabkan harga ikan tidak ditentukan pasar, tetapi seperti kewenangan bakul.
Tak Beroperasi
''Sekitar empat tahunan TPI di sini sudah tidak beroperasi. Sebenarnya sayang sekali, karena keberadaannya dibutuhkan nelayan," ujar dia.
Nelayan di desa tersebut terbilang banyak. Selain mencari ikan dero dan kembung, mereka juga banyak yang menjadikan rajungan sebagai buruan utama dengan alat tangkap bubu.
Rajungan bernilai jual tinggi di bawah udang. Karena itu, banyak nelayan yang mempunyai lebih dari satu alat tangkap, sehingga tidak hanya terpatok pada satu jenis ikan.
Tokoh nelayan Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu Suroto mengemukakan hal yang tidak jauh berbeda. TPI yang berada di tepi Sungai Tayu juga tidak beroperasi lagi tanpa alasan jelas.
Tidak kurang 300 kapal nelayan tradisional dari daerah tersebut dan sekitarnya terpaksa menjual langsung hasil tangkapan mereka kepada bakul. Sebagian besar bakul memiliki hubungan khusus dengan nelayan karena bantuan pinjaman modal.
''Nelayan yang mempunyai utang kepada seorang bakul biasanya tidak menjual ke bakul lain. Sebenarnya sistem itu tidak terlalu mengikat, karena banyak juga nelayan yang menjual ke bakul mana pun asal harga ikannya cocok," paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda