Laman

Selasa, 23 Oktober 2012

MASIH ADA PENGGUNAAN BOS BUKAN PADA PERUNTUKKANNYA

kresnapati 23/10 - Penggunaan bantuan Biaya Operasional Sekolah (BOS), masih ada yang belum klop dengan peruntukkannya. Salah satunya, pembangunan gedung atau pengadaan barang dan jasa yang tidak sesuai tender.

Masalah masih adanya penggunaan BOS yang belum tepat sasaran itu, merupakan temuan Dewan Pendidikan melalui 60 pemantau, di 206 sekolah yang tersebar di Kabupaten Pati. Kebanyakan tim menemukan proyek yang ditenderkan tidak sesuai bestek, dan pihak sekolah yang tidak tahu maksud pembangunan.

Demikian ungkap mantan Ketua Dewan Pendidikan Kab Pati, Subawi, BA saat menyampaikan LPJ nya, pada rapat pemilihan anggota dewan pendidikan Kab Pati, di Gedung PGRI Kab Pati, Selasa pagi, 23 Oktiber 2012.

Subawi, BA  mengatakan, pihaknya sesuai aturan hanya merekomendasikan temuannya Dewan Pendidikan kepada Bupadi Pati, dan  Dinas Pendidikan (DISDIK) Kab Pati, untuk ditindak lanjuti.

Menyinggung soal besaran sumbangan yang diwajibkan kepada peserta didik, kata Subawi BA hal tersebut terjadi karena ambisi kepala sekolah.

"Untuk itu Komite Sekolah harus berani, berbicara dengan orantua/wali murid dan bukan sekedar stempel saja. Sehingga sumbangan-sumbangan bisa mengenakkan semua pihak," katanya.

Dalam rapat itu juga terungkap, belum tertanganinya kerusakan secara cepat, bahkan lepas mendapatkan bantuan. Serta monitoring penerimaan murid baru disekolah-sekolah, yang  menutup-nutupi adanya praktek titipan.

Wakil Ketua DPRD, Sutrisno ST berharap agar lebih mengaktifkan forum komunikasi guru dan forum komunikasi komite yang sudah terbentuk.

"Dengan aktifnya kedua forum komunikasi ini, tentunya akan terjalin sinkronisasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pati," terangnya.

Bupati Haryanto mengatakan, untuk meningkatkan SDM, tak lepas dari pendidikan. Sehingga tak dapat dipungkiri pemerintah mengalokasikan  anggaran pendidikan yang besar.

"Dan hal tersebut terbukti dengan prestasi yang diraih SMA PGRI 2 Kayen yang tak kalah dengan SMA Negeri di Pati," katanya.

Haryanto berharap, agar Dewan Pendidikan selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, bila terjadi kejadian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda