Laman

Rabu, 14 November 2012

KIRAB AKBAR HAUL WALI NYAI AGENG NGERANG

kresnapati -  Ribuan orang menyambut antusias Kirab Akbar Houl Waliyullah Nyai Ageng Ngerang,  di Desa Tambakromo Kecamatan Tambakromo, Selasa Sore, 13 November 2012. Antusias warga  terlihat,  saat rebutan gunungan hasil bumi, didepan halaman komplek makam. Dan seperti tahun sebelumnya, keluarga Keraton Surakarta Hadiningrat menghadiri houl tersebut.
Ribuan orang memadati Jalan sepanjang 2 KM, menyambut antusias kirab akbar houl Nyai Ageng Ngerang, dari  Balai Desa Tambakromo menuju ke Makam waliyulloh itu.
 
Bahkan rebutan terjadi, sebelum gunungan hasil bumi sampai didepan pintu masuk makam Waliyulloh Nyai Ageng Ngerang. Beberapa perempuan dan anak-anak, sempat terjatuh terinjak-ijak, warga yang saling berebut gunungan hasil bumi.

Wakil Bupati HM Budiyono yang hadir dan memberikan sambutan mengatakan, Pemklab Pati sangat mengapresiasi upaya keluarga keraton Surakarta Hadiningrat dan masyarakat Desa Tambakromo, dalam menyelenggarakan kirab akbar Houl Nyai Ageng Ngerang.

"Saya berharap dengan keikhlasan bersama, dengan niat yang tulus semoga berkatnya dan kita diberikan oleh Allah berkat ilmu yang manfaat, berkah rejeki yang barokah dan tuntutan yang sholeh dan sholehah," kata Wakil Bupati.

Sementara itu, Gusti Kanjeng Ratu Kusmutiah Wandansari dan Gusti Kanjeng Ratu Kusmardiah mengatakan, setiap tahun keluarga Keraton Surakarta selalu berada ditengah-tengah warga, saat berlangsungnya houl Waliyullah Nyai Ageng Ngerang. Karena antara warga dan masyarakat Tambakromo, dengan Keraton Surakarta, masih satu  ikatan hubungan keturunan.

"Jadi saya dari Keraton Surakarta Hadiningrat dan masyarakat, beberapa ratus tahun lalu  siapa tahu ada hubungannya anak keturunan dari Nyai Ageng Ngerang. Sekarang ditengah-tengah alam Kemerdekaan dibawah nauangan NKRI, saya dan dan masyarakat sebagai WNI. Dan saya yang ada di Kraton hanya dapat melestarikan makam leluhur saya yang ada di Dukuh Ngerang sini,” katanya.

Kirab akbar haul Nyai Ageng Ngerang berakhir setelah, sesepuh Desa Tambakromo, dan keluarga Keraton Surakarta Hadi Ningrat bersama Wakil Bupati HM Budiyono, mengikuti tahlil dan makan bersama dikomplek makam Waliyulloh Nyai Angeng Ngerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda