Laman

Kamis, 21 Februari 2013

SEDULUR SIKEP MINTA PEMKAB PATI, TETAP PERHATIKAN PERMASALAHAN PERTANIAN

kresnapati - Warga Sedulur Sikep, berharap Pemerintah Kabupaten Pati, tetap memperhatikan mata pencaharian petani. Terutama masalah klasik yang terus petani alami, seperti banjir yang mengakibatkan mereka gagal panen.

Permintaan warga sedulur sikep itu, disampaikan saat Bupati Pati, Haryanto berkunjung ke Desa Batursari Kecamatan Sukolilo, Selasa pagi kemarin, 19 Februari 2013.

Warga Sedulur Sikep, Gunretno dengan bahasa Jawa berharap, Pemkab Pati memperhatikan sektor pertanian, yang menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat Pati. Untuk itu, permasalahan terkait pertanian,  seperti penanggulangan banjir dan pengendalian serangan organisma pengganggu tanaman (OPT), petani harus dibantu.

“Terutama pembasmian hama wereng maupun tikus di masa tanam II, Gunretno menyambut baik upaya Pemkab untuk mengadakan pembasmian massal oleh seluruh petani. Pihaknya pun berharap pembasmian dilakukan serentak oleh semua kelompok tani bekerja sama dengan desa,” katanya.

Sedulur sikep juga berharap, ada bantuan mesin pengering gabah yang nantinya dikelola desa,  untuk  dijual dengan harga murah. Karena mereka tidak memiliki lahan yang luas untuk mengeringkan gabah.

Bupati Haryanto, menyambut positif masukan- masukan yang disampaikan warga Sedulur Sikep, untuk  menyerap aspirasi warganya secara langsung. Peningkatan hasil pertanian, memang sudah menjadi prioritas program kerjanya untuk mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Pati, sekaligus menjadi penyangga pangan di Jawa Tengah.

“Masukan – masukan dari mas Gunretno akan saya kaji bersama dinas terkait, untuk merumuskannya menjadi kebijakan yang akan dirasakan manfaatnya oleh para petani,” jelas Haryanto.

Bahkan anggaran pertanian untuk tahun 2013 naik menjadi Rp. 10,5 Miliar dari tahun sebelumnya yang hanya Rp. 8 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembenahan infrastruktur pertanian juga peningkatan produksi pertanian (pas fm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda