Laman

Sabtu, 09 Maret 2013

KARTU JAMKESMAS DAN JAMKESDA PATI DITERBITKAN

kresnapati (7/3), meluncurkan kartu Jamkesmas dan Jamkesda di Ruang Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Pati. Sasaran Jamkesmas di tahun 2013 ini mencapai 569.889 jiwa atau 41,55% dari penduduk Kabupaten Pati. “Meski begitu ternyata masih banyak yang belum terakomodir, karena itu kami menyiapkan Rp 10 Miliar APBD untuk program Jamkesda”, terang Bupati Pati Haryanto.

Kebijakan peluncuran program Jamkesda itu didasarkan pada Perbup Nomor 76 tahun 2012. Data kepesertaannya diusulkan oleh pemerintah desa melalui proses selektif dengan uji publik dan disusun sesuai tingkat kemiskinannya. “Batas waktu pembaharuan data oleh tim desa telah selesai pada 28 Februari 2013 dimana jumlah desa yang mengusulkan sebanyak 348 desa (86%) dan yang tidak atau belum sebanyak 58 desa (14%)”, terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Edy Sulistyono, dalam laporannya.

Sampai saat ini, lanjut Edy, untuk Jamkesda, jumlah sasaran yang diusulkan adalah 211.056 jiwa atau sekitar 15,36% dari total penduduk Pati. “Padahal 10 Miliar dari APBD itu diperkirakan hanya cukup untuk sekitar 50 ribu warga”, imbuh Edy.

Bila ditotal, imbuh Edy, jumlah seluruh sasaran Jamkesmas dan jamkesda sementara di Kabupaten Pati mencapai 780.945 jiwa atau hampir mencapai 57 % dari jumlah penduduk Pati.

Besarnya sasaran ini, menurut Kepala Dinas Kesehatan, terjadi karena di tingkat desa tim yang ditunjuk cenderung menghindari konflik dengan masyarakat, dan berharap agar Dinas Kesehatan yang akan memverifikasi lebih lanjut.

Menanggapi hal ini, Bupati Pati berharap semua elemen untuk tidak saling menyalahkan.  Haryanto juga menambahkan, andaikata nanti ada warga miskin sakit yang belum terdaftar Jamkesmas maupun Jamkesda, silahkan diusulkan, nanti Tim Verifikasi dari Dinas Kesehatan akan turun mensurvey kondisi riil di lapangan. “Hasil survey itu pula yang nanti menjadi bahan pertimbangan agar rekomendasi saya tepat sasaran’, imbuh Haryanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda