Laman

Jumat, 26 Juli 2013

Kades Diminta Waspada Penipuan Bantuan Kementerian

BLORA, suaramerdeka.com - Para kepala desa dan perangkat desa di Blora diminta mewaspadai penipuan dalam program bantuan yang mengatasnamakan kementerian tertentu. Bantuan tersebut biasanya ditawarkan melalui surat yang ditujukan kepada desa tertentu.

Surat itu ditandatangani pejabat di kementerian ataupun menteri. Hanya saja untuk mendapatkan bantuan harus dengan persyaratan tertentu, yakni dengan terlebih dahulu menyetorkan uang yang kadang disebut dengan dana pendampingan.

‘’Kami minta untuk berhati-hati. Surat mendapatkan bantuan sekilas sangat menyakinkan karena ditandangani pejabat kementerian. Namun sejatinya itu pemalsuan surat. Ada ciri tertentu surat yang benar dari kementerian, misalnya hanya ditandangani satu pejabat saja,’’ ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora, Samgautama Karnajaya, Jumat (26/7).
Menurutnya seiring dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), pemerintah pusat melalui kementerian terkait menyiapkan sejumlah program kompensasi dari kenaikan harga tersebut. Kompensasi itu untuk individu warga, keluarga, maupun desa.

Program bantuan di desa tersebut diantaranya pembangunan infrastruktur dan lain sebainya yang kerap dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk meraup keuntungan.
Caranya antara lain dengan melakukan aksi penipuan melalui surat.(sdh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda