Laman

Sabtu, 27 Juli 2013

Waspadai cuaca ekstrim, akibatkan munculnya penyakit pada unggas

Pati, kresnapati - Perubahan cuaca seperti sekarang ini, masyarakat diharapkan untuk berhati-hati. Karena kondisi cuaca seperti ini, memungkinkan munculnya penyakit pada unggas, bahkan mengakibatkan kematian unggas dalam jumlah besar.

Dalam beberapa pekan terakhir, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Pati menerima laporan dari masyarakat, tentang matinya ayam dan itik dalam jumlah besar.  Kejadian itu dilaporkan, karena masyarakat takut ayam dan itik mati akibat flu burung.

Kepala Dispertanak Pati, melalui Kabid Kesehatan Hewan Dan Perlindungan Tanaman, Dispertanak Pati, Niken Trimeiningrum mengungkapkan, laporan yang masuk terkait kematian ayam dan itik dalam jumlah besar, diterimanya dari Kecamatan Sukolilo dan Kecamatan Margorejo.

“Kemarin dari laporan terakhir memang ada beberapa wilayah yang melaporkan ada kematian itik maupun ayam dalam jumlah cukup banyak, sehingga harus diwaspadai. Bukan berarti harus takut, tapi harus segera melaporkan kepada petugas yang ada dikecamatan masing-masing, agar segera ditindak lanjuti untuk mengetahui penyebabnya,” pinta Niken Trimeiningrum.

Niken Trimeiningrum berharap, masyarakat tidak perlu takut dengan munculnya penyakit pada unggasnya. Namun yang diperhatikan terutama selalu menjaga sanitasi (penyehatan) lingkungan, dan pemberian disinfektan secara rutin dilingkungan kandang, untuk mencegah penyakit pada unggas.

“Bila tidak ada dis-infektan dapat diganti dengan air bekas cucian,  ketika ibu-ibu habis mencuci pakaian, air sabun bekas cucian dapat berfungsi sebagai dis-nfektan,” terangnya.

Masyarakat juga diharap untuk segera melapor ke Dispertanak Pati, atau kepada mantri hewan dan petugas PPL diwilayah kecamatan. (sdh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda