Laman

Sabtu, 09 Maret 2013

63 DESA DI PATI TERIMA DAK PERTANIAN

kresnapati - Pemerintah Kabupaten Pati, tahun ini menerima kucuran dana dari Pemerintah Pusat senilai Rp. 5 Milyar. Dana itu, diprioritas untuk peningkatan kualitas pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Pati, Silvinus Pelo Sibhaboka berharap desa-desa penerima DAK Pertanian ini, dapat meningkatkan produksi pertanian, untuk mendukung program swasambada beras di Kabupaten Pati.

“Itu yang sudah berdasarkan permohonan mereka yang disesuaikan dengan petunjuk teknik Kementerian Pertanian yang sudah memenuhi syarat. Dalam pelaksanaannya nanti, pengertian bantuan yang mereka peroleh itu proyek pengerjaan jalan pertanian yang dikerjakan pihak ketiga,” jelasnya.

Bantuan senilai Rp.60 juta per paket proyek yang diterima setiap desa ini, bersifat stimulan untuk diteruskan oleh masyarakat.

Wakil Bupati Pati, Budiyono berharap, hasil pemanfaatan DAK pertanian ini, dapat dirasakan petani dan masyarakat. Serta dilaksanakan sesuai aturan dan pengajuan proposal.

“Walaupun ini sedikit, tapi harapan kami dapat diterima manfaatnya oleh masyarakat. Ini memang DAK pertanian, sehingga program yang terbangun jalan (infrastruktur) untuk pertanian,” terang Wabup, Budiyono.

DAK Pertanian yang bersumber dari APBD tahun 2013 itu, nantinya akan diserahkan kepada 63 desa di Kabupaten Pati. Masing-masing desa akan menerima bantuan itu, dalam bentuk paket proyek. Seperti proyek pembangunan jalan usaha tani, kegiatan pengelolaan air, dan Sumur Bor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda