Laman

Sabtu, 09 Maret 2013

KPU TINDAK LANJUTI TEMUAN PANWASLU

kresnapati - Beberapa temuan berkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) Panwaslu melalui Petugas Pengawas Lapangan (PPL), akan segera ditindak lanjuti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati. Dan temuan itu, Panwaslu telah serahkan kepada KPU, Kamis siang, 7 Maret 2013.

Temuan masalah DPS, oleh Panwaslu Kabupaten Pati, diantaranya masih adanya sejumlah pemilih ganda, orang meninggal dunia yang masih masuk daftar, serta belum terdaftarnya pemilih yang sudah memiliki hak pilih.

Ketua Panwalu Kabupaten Pati, Suyoto mengatakan, temuan petugas pengawas lapangan (PPL) terhadap permasalahan DPS, sudah diserahkan kepada KPU, untuk segera ditindaklanjuti PPS, maupun PPK.

“Data yang kami peroleh itu, salah satunya orang yang sudah meninggal dunia, masih masuk dalam DPS, dan juga ada beberapa pemilih ganda sehingga itu harus ditindak lanjuti oleh Panwas maupun KPU,” kata Ketua Panwaslu, Suyoto.

Ketua KPU Kabupaten Pati, Ahmad Jukari yang diwawancara usai pertemuan dengan Panwaslu mengaku,  pihaknya sudah menerima data temuan PPL terhadap DPS dari Panwaslu, pada 4 Maret lalu. Yang kemudian ditindaklanjutinya dengan penyampaikan temuan itu ke PPS.

“Dan dalam hal itu kita minta PPK agar menyampaikan laporan dari tindak lanjut PPS. Dan tindak lanjut itu ada beberapa laporan, beberapa laporan temuan setelah dicek dilakukan pembenahan memang ada beberapa nama diantaranya sudah masuk di DPS waktu proses coklit. Mungkin yang lainnya yang belum masuk, mungkin sesuai DP4. Tapi setelah dicek di DPS itu, sudah masuk,” kata Ketua KPU Kab Pati, Ahmad Jukari.

Ketua KPU Ahmad Jukari optimis, dengan adanya temuan itu, yang kemudian ditindak lanjuti Panwas bersama KPU, akan mendapatkan perbaikan yang lebih berkualitas. Serta terjadi persamaan persepsi dan meningkatkan peran masing-masing, sesuai tugas pokok dan fungsinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda