Laman

Senin, 29 Oktober 2012

Ditambah, Dana Jalan di Dapil III

kresnapati - Alokasi dana untuk Dinas Bina Marga Jateng pada APBD 2013 akan dinaikkan Rp 220 miliar. Tambahan sebesar itu, sekitar Rp 180 miliar akan digelontorkan guna perbaikian jalan dan jembatan di Dapil III, yaitu Pati, Rembang, Blora dan Grobogan, serta jalan lain di sekitar tempat tersebut.

Perincian tambahan itu, bila 2012 anggaran untuk Bina Marga Rp 350 miliar, maka pada 2013 menjadi Rp 570 miliar. Anggota Komisi D DPRD Jateng Ir Alwin Basri MM MIKom saat kunjungan kerja di Pati mengemukakan, kenaikan anggaran sebesar itu bertujuan untuk mengejar target perbaikan jalan provinsi yang saat ini kondisinya masih banyak yang belum bagus.

Kawasan di Jateng yang kondisi jalannya paling banyak belum bagus berada di wilayah pantura timur, tepatnya di kabupaten yang masuk Dapil III Jateng, yakni Pati, Rembang, Grobogan, dan Blora. ‘’Kami di DPRD Jateng, khususnya Fraksi PDIP memang selalu berusaha agar alokasi anggaran untuk infrastruktur jalan dan jembatan terus ditambah.

Kenaikan kali ini tergolong paling banyak dari tahun-tahun lalu,” kata politikus PDIP dari Dapil III itu. Menurutnya, dari jumlah Rp 570 miliar itu akan digunakan untuk memperbaiki jalan dan jembatan di seluruh penjuru Jawa Tengah. Selain untuk biaya perbaikan juga untuk biaya perawatan. Jumlah itu, Rp 180 miliar akan digelontorkan ke Dapil III yang disebar hingga di 23 titik, seperti di jalan raya Demak-Godong, Pati, perbaikan jalan Geyer-Grobogan, dan lain-lain. “Kondisi jalan di Dapil III memang tergolong paling banyak yang belum bagus,” ucapnya.

Dia menyebutkan, jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Jateng sepanjang 2.565 kilometer. Untuk jembatan yang dikelola Pemprov 25.330 kilometer. Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jateng Nomor 620 Tahun 2010 tentang Penetapan Status Ruas Jalan. Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Jateng Danang Atmodjo kepada wartawan membenarkan adanya kenaikan dana APBD 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda