Laman

Kamis, 18 Oktober 2012

PEMKAB PATI BAHAS PERSIAPAN PILKADES DISEJUMLAH DESA

kresnapati Rabu, 17/10  - Untuk mengantisipasi permasalahan yang muncul menjelang, pelaksanaannya, Pemkab Pati kini mulai melakukan pembahasan persiapan Pilkades di sejumlah desa.  Pembahasan itu, melibatkan panitia dan pengawas tingkat Kabupaten maupun kecamatan.

11 desa di Kabupaten Pati yang Kadesnya telah habis masa jabatannya, akan segera menggelar Pemilihan Kepala Desa (PILKADES). Rencananya kesebelas desa itu, akan melaksanakan PILKADES secara serentak, pada 6 November 2012 mendatang.

Untuk itu, Bupati Pati meminta, agar seluruh panitia dan pengawas PILKADES dimasing-masing desa yang menyelenggarakan pesta demokrasi itu, segera mengantisipati dan meminimalisir permasalahan yang dapat timbul menjelang pelaksanaannya.

Demikian pinta Bupati Pati, Haryanto, saat rapat koordinasi persiapan PILKADES bersama Muspida Pati di ruang rapat Pragola Setda Pati, Rabu pagi, 17 Oktober 2012.

“Panitia juga perlu melakukan pemetaan terhadap daerah- daerah yang rawan, agar mencegah terjadinya kericuhan di lokasi pilkades,” tegasnya.

Soal mantan Kades sebagai penjabat Kepala Desa selama masa kekosongan pemimpin, Bupati Haryanto menyatakan, hal itu tidak bertentangan dengan aturan yang ada. Dan sesuai dengan  surat edaran Menteri dalam Negeri tanggal 8 Oktober 2012, tentang Penjelasan Pejabat Kepada Desa. Namun dengan catatan, penunjukan Penjabat Kades berdasarkan usulan BPD terlebih dulu.

“Kapasitasnya untuk menyiapkan pelaksanaan pilkades di desa setempat, “ tambah Haryanto.

Kapolres Pati, Bernard Sibarani melalui Kabag Ops Mulyadi juga telah mengumpulkan kapolsek untuk membuat perencanaan keamanan. Sebagai aparat keamanaan, netralitas menjadi poin penting dalam pengamanan pilkades yang tersebar di 8 kecamatan pada hari itu.

Kesebelas desa yang akan menyelenggarakan PILKADES itu,  Desa Ngastorejo, Sonorejo dan Desa Dukuhmulyo Kecamatan Jakenan, Desa Dukutalit dan Desa Kebonsawahan Kecamatan Juwana, Kuryokalangan Kecamatan Gabus, Karangmulyo Kecamatan Tambakromo, Mojoluhur Kecamatan Jaken, Mustokoharjo Kecamatan Pati, Desa Pakis Kecamatan Tayu, dan Desa Bumiayu Kecamatan Wedarijaksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda