Laman

Kamis, 18 Oktober 2012

TIM GAKY PATI TEGAKKAN PENINDAKAN PELANGGARAN KANDUNGAN YODIUM

kresnapati - rabu 17 / 10, Setelah melakukan sosialisasi dan pembinaan, tim Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) Pati, kini mulai melakukan penegakkan hukum. Yakni melakukan penindakan langsung, terhadap kandungan yodium pada garam konsumsi yang dipersyaratkan. Penindakan terhadap garam-garam konsumsi dengan kandungan yodium dibawah standart itu, dilakukan dengan penertiban dijalur–jalur distribusi. Selain dijalur Pati – Tayu tutur Desa Panggungroyom Wedarijaksa, pada Selasa malam, 16 Oktober 2012, dan penertiban yang sama juga dilakukan dijalur Pati – Juwana tepat Jln Juru Mertani, pada Rabu malam, 17 Oktober 2012.

Ketua Tim GAKY Kabupaten Pati, Mochtar mengatakan, penertiban tersebut, sebagai upayanya agar terpenuhinya kandungan yodium pada garam-garam konsumsi asal Kabupaten Pati yang dikirim keluar  daerah.

“Hasil Yang dilakukan ini, kita sudah berhasil menguji garam yang diangkut empat armada, tiga diantaranya sudah sesuai ketentuan kandungan yodiumnya, dan salah satu produk garam lainnya terpaksa kami tahan, sesuai kewenangan kami. Dan pemiliknya akan kami undang, untuk dilakukan iodisasi ulang terhadap garam setelah kembali diserahkan tim GAKY,”  terangnya.

Saat melakukan penertiban, tim menurunkan ribuan kemasan garam konsumsi yang kandungan yodiumnya kurang dari standart, untuk diolah kembali hingga ketentuan produksinya terpenuhi.

Awak truk pengangkut garam konsumsi, bernama Suprapto asal  Tlogoharum Kecamatan Wedarijaksa menyambut baik, upaya tim GAKY Pati menggelar penertiban.

“Ya seperti ini baik, biar semua terjamin kandungan yodiumnya.  Dan untuk memperlancar penjualan, dan kualitasnya tetap terjamin,” pintanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda